''welcome to blogger Dreams''

''welcome to blogger Dreams''

Rabu, 30 Maret 2011

ciri-ciri komputer

SUPER COMPUTER

Super komputer merupakan salah satu dari jenis komputer yang memiliki kecepatan proses yang sangat tinggi. Super komputer biasanya dipergunakan di negara-negara maju atau perusahaan-perusahaan yang sangat besar, seperti industri pesawat terbang Nurtanio.
Superkomputer diperkenalkan pada tahun 1960-an, didesain oleh Seymour Cray di Control Data Corporation (CDC), memimpin di pasaran pada tahun 1970an sampai Cray berhenti untuk membentuk perusahaanya sendiri, Cray Research.
Salah satu contoh super komputer adalah Cray-2.

Ciri-ciri
·         Memiliki kemampuan yang sangat tinggi, seperti membaca atau menyadap berbagai data dari satelit;
·         Kecepatan Proses yang tinggi;
·         Menyimpan data yang jauh lebih besar apabila dibanding dengan mainframe;
·         Pembelian sebuah super komputer harus mendapat persetujuan secara langsung dari presiden.
·         unggul dalam kecepataan dari komputer
·         menggunakan desain inovatif yang membuat mereka dapat melakukan banyak tugas secara paralel, dan juga detail sipil yang rumit.
·         Menggunakan Hirarki pada memorinya didesain ini delakukan secara hati-hati untuk memastikan prosesornya tetap menerima data dan instruksi setiap saat;
·         Sistem I/O didesain supaya bisa mendukung bandwidth yang tinggi.

PENGGUNAAN SUPERKOMPUTER

            Superkomputer digunakan untuk tugas penghitungan-intensif seperti prakiraan cuaca, riset iklim termasuk riset pemanasan global, pemodelan molekul, simulasi fisik seperti simulasi kapal terbang dalam terowongan angin, simulasi peledakan senjata nuklir, dan riset fusi nuklir, analisikrip. Militer dan agensi sains salah satu pengguna utama superkomputer.

MAINFRAME COMPUTER

Mainframe Komputer merupakan salah satu jenis komputer yang biasa digunakan oleh puluhan hingga ratusan pemakai yang bekerja secara bersama-sama.
Mainframe secara umum membutuhkan ruangan khusus dimana faktor lingkungan yang terdiri dari temperatur, kelembaban udara ataupun gangguan asap dapatlah dimonitor. Hal ini disebabkan karena nilai komputer serta nilai dari informasi yang tersimpan didalamnya sangatlah mahal. Ruangan yang ada biasanya juga dilengkapi dengan berbagai sistem pengamanan elektronik.
Contoh mainframe komputer: IBM System/360, IBM System/390, Honeywell-Bull DPS 7.

CIRI-CIRI

·         Memiliki Processor lebih dari satu, sehingga memiliki kecepatan proses jauh lebih cepat jika dibanding dengan mini komputer;
·         Kecepatan kerja mainframe mencapai 1 milyar operasi perdetik;
·         Dapat mengakses pada satu komputer pada saat yang bersamaan, dikenal dengan timesharing.

MINI COMPUTER

Mini Komputer merupakan salah satu jenis komputer yang mempunyai kemampuan yang lebih besar jika dibandingkan dengan personal komputer, hal ini disebabkan karena microprocessor yang digunakan jauh lebih unggul. Salah satu contoh mini komputer adalah IBM AS-400.
Komputer mini adalah kelas komputer multi-user yang dalam spektrum komputasi berada di posisi menengah di bawah kelas komputer mainframe dan sistem komputer single-user seperti komputer pribadi.

CIRI-CIRI
·         Ukuran fisiknya sebesar almari kecil;
·         Dalam sistem multi user banyak digunakan sebagai terminal yang berfungsi untuk memasukan data.
·         Komputer mini mempunyai kemampuan berapa kali lebih besar jika dibanding dengan personal komputer. Hal ini disebabkan karena micro-pocessor yang digunakan untuk memproses data memang mempunyai kemampuan jauh lebih unggul jika dibanding dengan micropocessor yang digunakan pada personal komputer.
·         Ukuran pisiknya dapat sebesar almari kecil.
·         Komputer mini pada umumnya dapat digunakan untuk melayani lebih dari satu pemakai (multi user). Dalam sistem multi user ini, pada akhirnya personal komputer banyak digunakan sebagai terminal yang berfungsi untuk memasukkan data.

CONTOH KOMPUTER MINI

Berikut ini adalah beberapa komputer mini yang pernah beredar:
PDP-8 (Programmable Data Processor 8) dari Digital Equipment Corporation (DEC) yang dirilis pada tahun 1965 dengan harga 18500 US$. Komputer mini ini adalah komputer mini paling laku pada jamannya.
PDP-11 (Programmable Data Processor 11) dari Digital Equipment Corporation (DEC) yang dirilis pada tahun 1970.
VAX (Virtual Address eXtension) dari Digital Equipment Corporation (DEC) yang dirilis akhir dekade 1970-an.
Xerox Star, yang merupakan komputer dengan antarmuka grafis (GUI) pertama di dunia.
IBM System/370



PERSONAL COMPUTER
Personal komputer merupakan salah satu jenis komputer yang pada awalnya diciptakan hanya untuk memenuhi kebutuhan perorangan. Namun, Karena harganya yang relatif murah, bentuknya kecil dan teknologi yang dimiliki diangap sudah memadai, maka personal komputer menjadi begitu cepat populer.
Personal komputer kini tidak hanya digunakan oleh perorangan tetapi pada akhirnya banyak digunakan oleh perusahaan untuk menyelesaikan berbagai masalah yang ada diperusahaan.

CIRI-CIRI PC

·         Komputer jenis ini mempunyai bentuk yang lebih kecil apabila dibanding dengan jenis komputer lainnya;
·         harganya relatif murah, bentuknya kecil dan teknologi yang dimiliki diangap sudah memadai;
·         Pada umumnya personal komputer hanya mampu bekerja untuk melayani satu orang pemakai, namun dalam perkembangannya dengan menggunakan konsep LAN (Local Area Network) personal komputer juga dapat digunakan untuk melayani banyak pemakai dalam saat yang bersamaan.

PERBEDAAN SUPER COMPUTER DENGAN MAINFRAME COMPUTER
supercomputer dioptimalkan untuk perhitungan kompleks yang terjadi terutama dalam memori, mainframe dioptimalkan untuk perfitungan relative sederhana yang melibatkan sejumlah besar data eksternal.
super computer sering digunakan untuk satu spesifik tugas-tugas intitusional (misal simulasi dan pemodelan), mainframe biasanya menangani berbagai tugas lebih luas (misal pengolahan data)
mainframe cenderung memiliki banyak prosesor layanan tambahan membantu prosesor pusat utama mereka (untuk dukungan kriptografi, input/output, penanganan, pemantauan, penanganan memory dll) sehingga sebenarnya processor menghitungnya jauh lebih tinggi daripada sebaliknya akan menjadi jelas. Desain super computer cenderung tidak menyertakan layanan banyak processor karena mereka tidak lumayan menambah angka-angka mentah kekuasaan.
mainframe sangat mahir dalam batch processing, seperti penagihan, decade meningkatkan harapan pelanggan untuk batch perbaikan, dan throughtput sentries desain. Super computer umumnya tampil buruk di batch processing.



1 komentar: